" ceritaku "

" Assalamualaikum. "

Liburan ke Bangkok untuk pemula - Songkran 2018}
Apr 24, 2018 | 11:35 AM | 0Comment

Heiiii! Wah lama juga nih gak ngepost, mumpung masih diingatan kali ini aku bakalan cerita saat aku traveling ke Bangkok selama 9 hari ke Hua Hin, Pattaya, dan Bangkok bersama teman-teman, bagiku ini kali kedua ke Bangkok, namun bagi teman-temanku ini adalah kali pertama mereka. Oh iya saat ke Bangkok aku memang sengaja mengambil saat perayaan Songkran.

Hari ke Nol. Senin, 9 April 2018 saya dan teman-teman berangkat dari Stasiun Pasar Turi ke Stasiun Pasar Senen pukul 14.10 WIB. Perjalanan kurang lebih 11jam 30 menit, lama namun cukup menyenangkan. Oh iya kami pergi berempat (termasuk saya). Pukul 1.30 kami sudah berada di Pasar Senen, oh iya sekedar info kalau barang bawaan kalian banyak dan berat (kayak kami, koper masing-masing lebih dari 20kg) mending berangkat naik kereta, karena tidak kena tambahan biaya kalaupun kena juga murah disbanding naik pesawat. Tapi sesampai di Stasiun Senen mending kalian minta tolong bawain bapak-bapak yang bagian angkat-angkat deh, sumpah capek banget naik turun tangga dan banyak. Waktu itu pertimbangan kami naik kereta karena barang bawaan banyak dan penerbangan kita dari Soekarno Hatta ke Bangkok itu pagi, daripada naik pesawat dari Surabaya lalu harus sewa hotel lagi jadi kami memilih untuk naik kereta. Sesampainya di Stasiun Pasar Senen kita bersih-bersih dulu, lalu pesen grab info (hati-hati pesan grab disini, kami waktu itu diberi petunjuk kalau harus keluar lalu ke perempatan terdekat, kami gak mau ambil resiko jadi waktu itu kita nggak berani buka hp, dan saat ngobrol dengan teman kami memakai dalih kalau yang menjemput itu om salah satu teman).

Hari pertama: Fiuh akhirnya kita sampai di Bandara Soekarno Hatta (CGK) kita langsung check in untuk bagasi meskipun sebelumnya kita sudah check-in online untuk mendapat tempat duduk deketan. Saya pakai pesawat Malindo Air (transit di Kuala Lumpur 1) saat check in online mendapat 30Kg bagasi, dan mendapat 2 boarding pass. Saat di Imigrasi saya lolos tanpa pertanyaan, namun teman saya ditanya-tanya apa ada tiket pulang, setelah dijawab ada, mereka menanyakan mana kode bookingnya, untung saja kami memang sudah membeli tiket pulang jadi kami cepat di proses. Jangan lupa setelah imigrasi lurus sedikit ada musholla. Tak lama kami pun masuk ke pesawat karena sudah saatnya untuk boarding. Di dalam pesawat kami mendapatkan kue, mineral water  serta apple juice. 2 jam perjalanan kami sampai di Bandara Kuala Lumpur International atau biasa disingkat KLIA 1. kami lupa mendarat di gate apa, yang pasti kami makan disalah satu restoran total pengeluaran kurang lebih 140 Ringgit ber empat.

Selanjutnya kami menunggu sampai gate buka dengan tidur di kursi-kursi panjang yang disediakan (untunglah saat itu sedang sepi, jadi kami bisa leluasa hehehe). Oh iya waktu transit kami tidak perlu mengambil bagasi, karena kami memesan tiket CGK-DMK. Di gate kami banyak sekali toilet, jadi tidak perlu takut kalau kebelet harus jalan jauh.
YES! Akhirnya pintu gate kami terbuka, dan kami senang sekali karena sebentar lagi kami akan tiba di Bangkok, tujuan kita. Di dalam pesawat kami mendapat kue lagi, kali ini porsinya lebih mengenyangkan dibanding sebelumnya. Jangan lupa mengisi Departure and Arrival Card saat memasuki negara Thailand, gampang kok mengisinya.

Pengisian Immigration Card Thailand

• Family Name: Isi dengan nama belakang (kalau nama kalian 3 suku kata maka pas, namun apabila hanya satu kata maka kalian bisa kosongi saja)
  • First Name: Nama depan kalian.
  • Middle Name: Nama tengah kalian, kalau nama kalian hanya satu suku kata maka kosongi saja,
  • Date of Birth: tanggal lahir kalian
  • Nationality: Kebangsaan kalian, isi dengan Indonesian kalau kalian WNI.
  • Passport No. : nomor paspor kalian, ada di halaman paspor.
  • Occupation: Pekerjaan, kalian bisa isi student, atau worker (bagi yang usianya sudah diatas pelajar/mahasiswa hehehe)
  • Country Where You Boarded : Negara kalian berangkat, karena saya transit di kuala lumpur, maka isinya Malaysia, apabila kalian direct dari Jakarta isi saja Indonesia.
  • Purpose of Visit: Tujuan kedatangan
  •  Length of Stay: Lama berkunjung
  •  Residence: tempat tinggal kalian di Negara asal.
  • Address in Thailand: alamat kalian di Thailand, kalau menginap d Hotel tulis saja nama hotelnya, beserta alamatnya ya.
  •  Telphone dan Email: isi saja dengan no tlfn negara asal.
  • Signature: tanda tangan.
  • Flight No/ Vehicle No: Nomor Kode pesawat saat ke Thailand.
Finallyyy setelah berjam-berjam lamanya, kita sampai juga di Bandara Don Mueang Bangkok! Kami langsung menuju imigrasi, kalau foreign passport sedang ramai, langsung saja meluncur ke ASEAN Passport, biasanya disana lebih sepi yang pasti ini untuk negara ASEAN saja yaa. Saat berhadapan dengan petugas santai saja, tidak usah tegang. Antri di belakang garis, maju, berikan paspor lalu kalian akan disuruh melihat ke arah kamera (jangan lupa lepas kacamata, topi kalian ya). Voilaaa! Paspor kalian akan mendapat Cap dan selamatttt kalian sudah memasuki Bangkok, Negara yang membuat saya pengen balik lagi, lagi dan lagi hehe. Kalian akan tau kenapa begitu setelah nyoba dateng ke Bangkok.

Setelah melewati imigrasi kami langsung menuju pengambilan bagasi (jangan lupa selalu lihat monitor dimana bagasi kalian akan datang). Setelah mengambil bagasi kami langsung menuju tempat pengambilan Simcard (agar selama di Bangkok tetap online haha) waktu itu kami membeli via Klook.com mendapat kartu Dtac untuk 8 hari dengan harga cuman Rp. 65.000,-. Ini murah banget dibanding beli langsung dibandara. No hp sudah, daftar grab sudah saatnya  pulang ke penginapan naik grab. Buat kalian yang pergi berempat namun membawa koper besar, pilihlah Grab 6 seat. Mobil di Bangkok beda dengan di Indonesia, mereka kebanyakan mobil sedan sedangkan 6 seat biasanya mobil Innova, sedangkan GrabXL mobil besar kepasitas 12 orang.

Tidak perlu takut naik Grab di Bandara Bangkok, mereka tidak ada perselisihan kok jadi aman-aman saja. Kalau kalian membayar cash, pembayaran toll akan ditambahkan saat akhir (tentu kalau ini menggunakan uang mereka dahulu, karena ada juga yang meminta uang toll ke kita duluan).
Setelah menempuh perjalanan selama 1,5 jam karena macet sekali waktu itu jalanan. Kami akhirnya sampai dipenginapan, Alhamdulillah. mengeluarkan semua isi koper lalu kita teparrr, untung saja kamar kami ada wifi jadi bisa nonton youtube deh hahaha penginapan kami sangat murah, perorang jatuhnya kena Rp. 630.000 untuk 9 malam lho!

Hari nol sampai pertamaku sudah usai. So, sampai jumpa di post berikutnya! Akan saya bahas lebih jauh lagi selama perjalanan di Hua Hin, Pattaya, dan Bangkok!

Labels: , , , , , , , , , , , , , , ,

Pengisian Immigration Card Thailand

• First Name: Nama depan kalian.
  • Date of Birth: tanggal lahir kalian
  • Nationality: Kebangsaan kalian, isi dengan Indonesian kalau kalian WNI.
  • Passport No. : nomor paspor kalian, ada di halaman paspor.
  • Purpose of Visit: Tujuan kedatangan
  •  Length of Stay: Lama berkunjung
  •  Residence: tempat tinggal kalian di Negara asal.
  •  Telphone dan Email: isi saja dengan no tlfn negara asal.
  • Signature: tanda tangan.
  • Flight No/ Vehicle No: Nomor Kode pesawat saat ke Thailand.